Home » » Mengenal Prosesor PC Tablet

Mengenal Prosesor PC Tablet

Written By Unknown on Thursday 13 June 2013 | 00:42

 
 Mengenal Prosesor PC Tablet
Prosesor atau disebut juga CPU merupakan komponen paling utama pada tablet Android. Semakin hebat kemampuan sebuah prosesor, tablet juga akan semakin responsif dan cepat. Selain Intel, prosesor tablet umumnya menggunakan arsitektur ARM ( Advanced RISK Machine). Pada umumnya prosesor dengan kecepatan 1GHz ke atas sudah menggunakan arsitektur ARMv7.
Semakin besar kecepatan pada prosesor maka semakin bagus kemampuan tablet tersebut. Hal ini berhububngan dengan versi Android yang digunakan. Pada umumnya tablet Android yang masuk kategori low-end menggunakan prosesor lama dengan kecepatan di bawah 1GHz. Misalnya tablet keluaran merek lokal yang rata-rata memakai chipst prosesor dengan clock speed mulai dari 600 MHz hingga 800 MHz, platform yang digunakan pun kebanyakan masih MTK. Dengan kecepatan seperti ini, dan banyaknya aplikasi yang dijejalkan, membuat kinerja tablet menjadi lemot.
Bila berbicara prosesor itu sendiri, sebenarnya agak sulit menjelaskan perkembangan prosesor yang digunakan oleh tablet Android berdasarkan urutan waktunya. Karena produsen prosesor saling berlomba dalam produksinya. Namun prosesor yang disematkan pada tablet dibagi ke dalam 4 kategori produk yaitu Exynos, OMAP, Tegra, dan Snapdragon.
1. Exynos
Prosesor ini dikembangkan oleh Samsung Electronics. Produk pertamanya dinamakan Exynos 3110 yang sebelumnya dinamakan Hummingbird atau SSPC110. Jenis prosesor terbaru Exynos adalah Exynos 4212 yang dibangun menggunakan CPU ARM Cortex 9 dual core dengan clock antara 1.2 GHz hingga 1.5 GHz. Prosesor ini dilengkapi dengan GPU ARM Mali-400 MP4. Contoh tablet yang menggunakan prosesor ini adalah Samsung Galaxy Tab 7.7 (P6800).
2. OMAP
Prosesor ini diproduksi oleh Texas Instrument. Saat ini Texas Instrument telah mengeluarkan 4 generasi prosesor OMAP yaitu OMAP1, OMAP2, OMAP3, dan OMAP4. Generasi OMAP4 dapat menampilkan tampilan situs di internet seperti tampilan website pada PC serta mendukung video full HD 1080p. Generasi ke lima OMAP baru saja diperkenalkan OMAP5 dengan arsitektur ARM Cortex A 15 dengan clock 2 GHz. Untuk yang menggunakan prosesor TI OMAP ada Samsung Galaxy Tab 2.7.0 (P3110).
3. Tegra
Tegra merupakan produk dari Nvidia. Saat ini terdapat 3 generasi dari prosesor Tegra yakni Nvidia Tegra APX, Nvidia Tegra 2, dan Nvidia Tegra 3. Prosesor Tegra 3 dibangun menggunakan arsitektur ARM Cortex A9 dengan clock 1.4 GHz dan mampu menampilkan video dengan resolusi hingga 2560x1600 pixel. Di sini, tablet dengan prosesor Tegra adalah LG Optimus Pad, Sony Tablet S Series, Sony Tablet P Series, dan Asus Transformer.
4. Snapdragon
Prosesor keluaran Qualcomm yang dinamakan Snapdragon ini telah meluncurkan 3 generasi yaitu Snapdragon1, Snapdragon2, dan Snapdragon3. Prosesor Snapdragon single core 1.4 diyakini memiliki performa yang tidak kalah dibanding prosesor dual core pada perangkat lain. Untuk prosesor Qualcomm Snapdragon ini, kebanyakan digunakan oleh tablet branded second layer seperti ZTE Light Tab, Huawei IDEOS S7 Slim serta beberapa tablet merek lokal seperti S Nexian Genius A7500 dan Advan Android.
Share this post :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Portal-jarkom Template | Portal-Jarkom Template
Copyright © 2011. Belajar IT Lebih Mudah - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger