Home » » MULOK VISUAL BASIC 1

MULOK VISUAL BASIC 1

Written By Unknown on Thursday 10 January 2013 | 18:55

By
Heri Susanto,S.T

QUESTION : APAKAH DATABASE ITU
Database dapat diartikan sebagai kumpulan data yang terdiri atas satu atau lebih tabel yang terintegrasi satu sama lain.
Tabel Berfungsi untuk menyimpan data dan merupakan suatu kumpulan data yang berhubungan dengan topik tertentu, misalnya daftar pemasok atau daftar barang. Tabel terdiri atas baris yang disebut dengan record dan kolom yang disebut field.
CONTOH ILUSTRASI STRUKTUR DATABASE
Gambar berikut adalah contoh mengenai struktur database. Pada Gambar terlihat sebuah struktur database Tokoku Terdiri atas tabel-tabel : barang, pemasok, pelanggan, jual, dan total jual Dalam salah satu tabelnya yaitu tabel barang terdapat field-fieldnya yaitu: kode barang, nama barang, harga barang.
Ada beberapa istilah yang harus anda ketahui pada saat bekerja dengan sebuah tabel database, yaitu:
Field Merupakan tempat dimana data atau informasi dalam kelompok yang sama atau sejenis dimaksudkan. Field itu pada umumnya tersimpan dalam bentuk kolom vertikal pada tabel. Sebagai contoh. Pada gambar tersebut terlihat tabel yang diorganisasikan dalam empat field, yaitu Nama Pemasok, Kode Pemasok, Alamat Pemasok, dan No Telepon.
Record
Merupakan data lengkap dalam jumlah tunggal yang biasanya tersimpan dalam bentuk baris secara horizontal pada tabel. Sebagai contoh Pada gambar tersebut terlihat satu buah record yang berisi data salah seorang pemasok dengan informasi Andi, 00001, Jl. Mawar No. 2 Medan, 081263545312.

TUGAS 1
BUATLAH 1 BUAH DATABASE DENGAN JUMLAH TABEL 3 BUAH
TAMBAHKAN JUGA 5 BUAH RECORD DARI SETIAP TABEL



 




 

 
Share this post :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Portal-jarkom Template | Portal-Jarkom Template
Copyright © 2011. Belajar IT Lebih Mudah - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger