Home » » Mulok CMS 1

Mulok CMS 1

Written By Unknown on Tuesday 22 January 2013 | 19:08

Mulok TKJ Pengenalan CMS

TUJUAN PEMBELAJARAN
  1. SISWA DIHARAPKAN MAMPU MENGENAL CMS
  2. SISWA DIHARAPKAN MAMPU MEMBUAT WEB SECARA INSTAN
  3. SISWA DIHARAPKAN MAMPU MENDAFTAR DOMAIN DAN HOSTING
  4. SISWA DIHARAPKAN MAMPU MENGUPLOAD WEB KE HOSTING
PENILAIAN PEMBELAJARAN
  1. TUGAS (30%)
  2.  PENGUASAAN PRAKTEK MELIPUTI PRAKTEK HARIAN, MENDAFTAR DOMAIN DAN HOSTING, DAN MENGUPLOAD  (40 %)
  3.  TEST FORMATIF (10%)
  4. PEMBUATAN LAPORAN (20%) 
MATERI
MENGENAL CMS
CMS ialah Content Management System atau bila dalam bahasa indonesia adalah sebuah sistem yang digunakan untuk megolah konten website. Contoh CMS yang banyak digunakan di dunia adalah Joomla, WordPress, dan Drupal.

 
Mengenal Bahasa Pemrograman Web
Bahasa Pemrograman HTML
HyperText Markup Language (HTML) adalah sebuah bahasa markup yang digunakan untuk membuat suatu halaman web dan menampilkan berbagai informasi di dalam sebuah browser Internet. HTML saat ini merupakan standar Internet yang didefinisikan dan dikendalikan penggunaannya oleh World Wide Web Consortium (W3C). HTML berupa kode-kode tag yang menginstruksikan browser untuk menghasilkan tampilan sesuai dengan yang diinginkan. Sebuah file yang merupakan file HTML dapat dibuka dengan menggunakan browser web seperti Mozilla Firefox atau Microsoft Internet Explorer.
Bahasa Pemrograman PHP
PHP adalah bahasa pemrograman script yang paling banyak dipakai saat ini. PHP pertama kali dibuat oleh Rasmus Lerdorf pada tahun 1995. Pada waktu itu PHP masih bernama FI (Form Interpreted), yang wujudnya berupa sekumpulan script yang digunakan untuk mengolah data form dari web.  PHP banyak dipakai untuk membuat situs web yang dinamis, walaupun tidak tertutup kemungkinan digunakan untuk pemakaian lain. PHP biasanya berjalan pada sistem operasi linux (PHP juga bisa dijalankan dengan hosting windows).
Bahasa Pemrograman ASP
ASP adalah singkatan dari Active Server Pages yang merupakan salah satu bahasa pemograman web untuk menciptakan halaman web yang dinamis. ASP merupakan salah satu produk teknologi yang disediakan oleh Microsoft. ASP bekerja pada web server dan merupakan server side scripting.
Bahasa Pemrograman Javascript
Javascript adalah bahasa scripting yang handal yang berjalan pada sisi client. JavaScript merupakan sebuah bahasa scripting yang dikembangkan oleh Netscape. Untuk menjalankan script yang ditulis dengan JavaScript kita membutuhkan JavaScript-enabled browser yaitu browser yang mampu menjalankan JavaScript.
Bahasa Pemrograman CSS
Cascading Style Sheets (CSS) adalah suatu bahasa stylesheet yang digunakan untuk mengatur tampilan suatu dokumen yang ditulis dalam bahasa markup. Penggunaan yang paling umum dari CSS adalah untuk memformat halaman web yang ditulis dengan HTML dan XHTML.
Perangkat yang dibutuhkan untuk menjalankan CMS pada komputer Local
Web Server adalah sebuah perangkat lunak server yang berfungsi menerima permintaan HTTP atau HTTPS dari klien yang dikenal dengan web browser dan mengirimkan kembali hasilnya dalam bentuk halaman-halaman web yang umumnya berbentuk dokumen HTML.
Cara kerja web server :
1.      Cara kerja Web Server Web server merupakan mesin dimana tempat aplikasi atau software beroperasi dalam medistribusikan web page ke user, tentu saja sesuai dengan permintaan user.
2.   Hubungan antara Web Server dan Browser Internet merupakan gabungan atau jaringan Komputer yang ada di seluruh dunia. Setelah terhubung secara fisik, Protocol TCP/IP (networking protocol) yang memungkinkan semua komputer dapat berkomunikasi satu dengan yang lainnya. Pada saat browser meminta data web page ke server maka instruksi permintaan data oleh browser tersebut di kemas di dalam TCP yang merupakan protocol transport dan dikirim ke alamat yang dalam hal ini merupakan protocol berikutnya yaitu Hyper Text Transfer Protocol (HTTP). HTTP ini merupakan protocol yang digunakan dalam World Wide Web (WWW) antar komputer yang terhubung dalam jaringan di dunia ini. Untuk mengenal protocol ini jelas sangat mudah sekali dimana setiap kali anda mengetik http://; anda telah menggunakannya, dan membawa anda ke dunia internet. Data yang di passing dari browser ke Web server disebut sebagai HTTP request yang meminta web page dan kemudian web server akan mencari data HTML yang ada dan di kemas dalam TCP protocol dan di kirim kembali ke browser. Data yang dikirim dari server ke browser disebut sebagai HTTP response. Jika data yang diminta oleh browser tidak ditemukan oleh si Web server maka akan menimbulkan error yang sering anda lihat di web page yaitu Error : 404 Page Not Found.
Berikut beberapa aplikasi web server :
Roxen WebServer 
Roxen WebServeR adalah open source dengan fitur lengkap web server didistribusikan di bawah lisensi GPL. Ini berjalan pada beberapa sistem operasi yang berbeda termasuk Windows, Linux, Solaris dan Mac OS X.
  
Wamp Server
Walaupun fitur - fitur Wamp tidak selengkap XAMPP, namun kelebihan di Wamp server adalah kita bisa memilih berbagai versi dari aplikasi yang tersedia, seperti: Apache di berbagai versi, PHP di berbagai versi, dan lainnya.
XAMPP Windows 1.7.3
Aplikasi webserver yang sudah terpaket menjadi satu ini cukup menjadi favorit dikalangan para penggunanya, perkembangan update ke versi terbaru pun cukup cepat dibandingkan aplikasi web server lokal lainnya. Xampp juga dapat berjalan pada beberapa flatform sistem operasi (Windows 2000, XP, Vista, 7).
Appserv merupakan aplikasi yang berfungsi untuk  install beberapa program antara lain Apache, PHP, MySQL. Beberapa Fitur Appserv adalah Apache, PHP, MySQL, phpMyAdmin

 Tugas Praktikum 1
  1. Mendowload AppServ
  2. Instalasi dikomputer Lokal

Share this post :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Portal-jarkom Template | Portal-Jarkom Template
Copyright © 2011. Belajar IT Lebih Mudah - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger