Home » » Menjalankan CMS di local host

Menjalankan CMS di local host

Written By Unknown on Tuesday 29 January 2013 | 19:35


Halo pada posting kali ini saya akan menjelaskan cara menginstall Joomla langkah demi langkah di komputer lokal atau bahasa kerennya localhost. Sebelum menginstall Joomla ada baiknya kamu menyediakan requirement yang dibutuhkan untuk menginstall joomla ini. Requirement yang dibutuhkan untuk menginstall joomla adalah sebagai berikut :

  • PHP versi 4.2.x atau versi lebih tinggi
  • Database MySQL versi 3.23.x atau versi yang lebih tinggi
  • Apache web server versi 1.3.x atau versi yang lebih tinggi
Saran saya, sebaliknya kamu mendownload XAMPP program versi terbaru di website XAMPP dan memilih XAMPP program sesuai dengan sistem operasi yang digunakan. Program XAMPP ini menyediakan semua requirement untuk menginstall Joomla.
Tutorial ini hanya membahas cara menginstall Joomla saja, sedangkan cara untuk menginstall XAMPP di window dapat membaca posting dengan judul panduan menginstall XAMPP. Untuk menginstall XAMPP di Linux dapat membaca posting dengan judul instalasi XAMPP pada Ubuntu 8.04 di situs kaplinglinux.
Berikut ini langkah demi langkah cara menginstall Joomla
  • Langkah pertama adalah mendownload joomla versi terbaru di situs Joomla. Pada saat artikel ini ditulis Joomla sudah mencapai versi 1.5.7.
  • Extract file Joomla yang sudah didownload.
  • Buat directory baru di XAMPP root dokumen untuk menampung file joomla tersebut. Biasanya XAMPP root dokumen terletak di c:\xampp\htdocs\. Pada contoh ini, saya membuat directory coba di root dokumen XAMPP. Untuk lebih jelasnya perhatikan gambar dibawah ini
path document root xampp 300x107 Tutorial Menginstall Joomla di 
Komputer Lokal
  • Taruh file hasil ekstraksi Joomla tersebut di directory coba yang baru saja dibuat. Biasanya hasil ekstraksi file Joomla ditampung di directory sesuai dengan nama file kompresinya. Apabila kamu mendownload Joomla versi terbaru yaitu Joomla 1.5.7 pada situs Joomla, maka file hasil ekstrak Joomla ditampung di directory “Joomla_1.5.5-Stable-Full_Package”. Nach yang perlu kamu lakukan adalah menaruh isi file directory Joomla_1.5.7-Stable-Full_Package ke dalam directory coba di root dokumen XAMPP. Supaya lebih jelasnya coba perhatikan gambar dibawah ini
file hasil ekstaksi joomla 300x182 Tutorial Menginstall Joomla di 
Komputer Lokal
Share this post :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Portal-jarkom Template | Portal-Jarkom Template
Copyright © 2011. Belajar IT Lebih Mudah - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger