Home » » Membuat Database Dengan Microsoft Office Access 2003

Membuat Database Dengan Microsoft Office Access 2003

Written By Unknown on Sunday 13 January 2013 | 18:55


Microsoft Office Access adalah sebuah program aplikasi basis data komputer relasional yang ditujukan untuk kalangan rumahan dan perusahaan kecil hingga menengah.

Dalam pembuatan sebuah program berbasis Visual Basic 6.0, saya lebih suka menggunakan MS Access sebagai database untuk objek yang berskala menengah kebawah. Karena menurut saya, menggunakan MS Access sebagai database terbilang lebih mudah dan simple. Selain itu kemungkinan error juga sedikit karena tidak memerlukan koneksi dari program yang terlalu berbelit-belit.

Salah satu keunggulan Microsoft Access dilihat dari perspektif programmer adalah kompatibilitasnya dengan bahasa pemrograman Structured Query Language (SQL); query dapat dilihat dan disunting sebagai statemen-statemen SQL, dan statemen SQL dapat digunakan secara langsung di dalam Macro dan VBA Module untuk secara langsung memanipulasi tabel data dalam Access. Para pengguna dapat mencampurkan dan menggunakan kedua jenis bahasa tersebut (VBA dan Macro) untuk memprogram form dan logika dan juga untuk mengaplikasikan konsep berorientasi objek.

Tidak seperti sebuah sistem manajemen basis data relasional yang komplit, Microsoft JET Database Engine tidak memiliki fitur trigger dan stored procedure. Dimulai dari Microsoft Access 2000 yang menggunakan Microsoft Jet Database Engine versi 4.0, ada sebuah sintaksis yang mengizinkan pembuatan kueri dengan beberapa parameter, dengan sebuah cara seperi halnya sebuah stored procedure, meskipun prosesur tersebut dibatasi hanya untuk sebuah pernyataan tiap prosedurnya. Access juga mengizinkan form untuk mengandung kode yang dapat dieksekusi ketika terjadi sebuah perubahan terhadap tabel basis data, seperti halnya trigger, selama modifikasi dilakukan hanya dengan menggunakan form tersebut, dan merupakan sesuatu hal yang umum untuk menggunakan queri yang akan diteruskan (pass-through dan teknik lainnya di dalam Access untuk menjalankan stored procedure di dalam RDBMS yang mendukungnya.
Tipe Data Pada Microsoft Access :
   1. Text
   2. Memo
   3. Number
   4. Date / Time
   5. Currency
   6. Auto Number
   7. Yes / No
   8. OLE Object
   9. Hyperlink
  10. Lookup Wizard
Berikut langkah-langkah membuat database dengan MS Office Access. Disini yang saya gunakan adalah MS Access 2007 :
  • Buka Microsoft Office Access 2007 (Klik Start ==> All Programs ==> Microsoft Office ==> Microsoft Office Access 2007)
  • Pilih Create a new file


  • Klik Blank Database
  • Buat nama database dbbelajar.mdb (office 2003), dbbelajar.accdb(office 2007) tentukan folder untuk menyimpan database dan klik tombol Create.

  •  dst
Share this post :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Portal-jarkom Template | Portal-Jarkom Template
Copyright © 2011. Belajar IT Lebih Mudah - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger